PENDIDIKAN

Betonisasi Program Samisade Gunakan Bekisting Berbahan Seng, TPK Desa Siasihan Bungkam

Admin
18 Agustus 2021, Agustus 18, 2021 WIB Last Updated 2022-08-22T11:53:16Z
masukkan script iklan disini



Bogor,- Terealisasinya Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di sambut gembira oleh masyarakat pedesaan, program yang di prakarsai oleh Bupati Kabupaten Bogor Hj. Ade Munawaroh Yasin ini lebih terfokus pada pembangunan infrastruktur seperti, Jalan dan Jembatan, Drainase, MCK dan Tower.

Tujuan utama program yang di perjuangkan dari tahun 2019 dan baru terealisasi pada tahun 2021 ini adalah, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan.

Salah satu desa yang mendapatkan perhatian pembangunan infrastruktur betonisasi jalan dari program Samisade ini adalah, Kampung Cikaramat, RW 04, Desa Ciasihan, Kec Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Dari pantauan awak media di lapangan, Selasa 11/08/2021, terlihat dari hasil kegiatan betonisasi terlihat kasar, banyak retakan terjadi di tengah badan jalan dan tak beraturan.

Salah seorang warga kampung Cikaramat, RT 04, RW 05 yang enggan disebutkan namanya ketika dikonfirmasi awak media di lokasi mengatakan, " ya pak hasilnya memang terlihat kurang baik, banyak retakan, karena setahu saya untuk plastik cor hanya sedikit yang digunakan, untuk bekisting juga dari seng, dan tidak ada pemadatan.


Seorang warga lain dari kampung yang sama juga mengatakan," padahal pak Aang sebagai Tim Pengelola Kegiatan (TPK) pada pembangunan ini adalah suami Bu Kades, tapi hasilnya malah seperti ini," ungkap nya.

Agar pemberitaan berimbang, awak media mencoba konfirmasi atas hasil pekerjaan dan keluhan warga ke dinas terkait, dalam hal ini DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), di sambut diruang kerjanya Jum'at 13/08/2021, Agus sebagai Sekdis ( Sekertaris Dinas) mengatakan,

"Terimakasih, ini adalah satu masukkan yang bagus, kami akan segera evaluasi dan konfirmasi ke Desa terkait untuk hasil yang lebih baik lagi," ujarnya.

Aang sebagai TPK pada kegiatan tersebut saat di konfirmasi awak media via WhatsApp (WA), terkait masalah tersebut, tidak merespon, begitu pula ketika di telepon tidak menjawab.

Perlu diketahui, penggunaan plastik cor dalam kegiatan betonisasi sangat diharuskan, fungsinya air cor an tidak keluar dan merembes ketanah, yang akan mempengaruhi kelembaban tanah dan mengurangi mutu beton yang tergelar, begitu juga halnya bekisting yang baik berfungsi agar betonisasi yang tergelar terlihat rapi seperti yang kita harapkan.

Pembangunan yang seharusnya mendapatkan hasil yang lebih baik, karena di kerjakan oleh pihak Desa dan warga setempat, pada kenyataannya mendapatkan hasil yang terlihat buruk. Hal ini sangat di sayangkan, mengingat tujuan mulia Bupati dalam program ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat Desa tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media masih akan melakukan verifikasi lebih lanjut.


(B Beng)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+