PENDIDIKAN

Pertama di Bogor, RSUD Cibinong Resmi Miliki dan Sediakan Layanan Terapi Hiperbarik

Admin
23 Agustus 2022, Agustus 23, 2022 WIB Last Updated 2022-08-23T16:05:21Z
masukkan script iklan disini

 

dr. Sigit Budiman bersama dr. Martinasari Lubis. Dokter Hiperbarik RSUD Cibinong memberikan penjelasan mengenai metode terapi Oksigen Hiperbarik. (Dok.portal7.co.id/Yuszuardi)

BOGOR,- Pertama dan satu-satunya di Bogor, RSUD Cibinong resmi memiliki dan sediakan layanan terapi Oksigen Hiperbarik.

Terapi Hiperbarik merupakan metode pengobatan yang dilakukan menghirup oksigen murni dalam ruang bertekanan udara tinggi.

Hal ini dikatakan Dokter Hiperbarik RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor, dr. Sigit Budiman saat memberikan penjelasan mengenai metode terapi, Selasa (23/8/2022).


Menurut dr. Sigit Budiman, metode terapi ini tadinya diperuntukkan bagi pasien dekompresi, yaitu penyakit yang sering dialami oleh penyelam di dasar laut atau pekerja tambang yang kegiatan pekerjaannya di dalam permukaan bumi.

Selain itu, terapi Hiperbarik sangat baik dilakukan pada pasien pasca stroke, diabetes, gangguan akibat radiasi, infeksi jaringan otot dan lainnya.

“Sehingga terapi ini sangat baik dilakukan karena bertujuan memperbaiki jaringan dan mengembalikan fungsi normal tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan pasien dengan menggunakan oksigen yang cukup ke darah,” ungkap dr. Sigit.

Sementara itu, Koordinator layanan terapi Hiperbarik, dr. Martinasari Lubis menambahkan, selain pasien dengan kondisi medis di atas, terapi ini juga sangat baik bagi orang sehat untuk meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.

“Layanan terapi ini sudah beroperasi sejak bulan Desember 2021, namun karena ini merupakan hal yang baru dan satu-satunya di Bogor, karenanya ada pasien mulai Januari 2022,” jelas dr. Martinasari Lubis di gedung terapi Hiperbarik RSUD Cibinong.

Untuk layanan terapi ini lanjut dr. Martina, kami memiliki dua Hyperbaric Chamber atau Ruangan Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) dengan kapasitas 8 dan 4 orang termasuk tenaga pendamping.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan terapi Hiperbarik ini, pastinya harus mengikuti serangkaian tes kesehatan sebagai prosedur yang sudah ditetapkan,” tutup dr. Martinasari Lubis, MARS.

Sumber: portal7.co.id





Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+