PENDIDIKAN

Sekda Subang Hadiri Jabong Festival

Heri Suprayogi
23 Agustus 2022, Agustus 23, 2022 WIB Last Updated 2022-08-23T10:51:11Z
masukkan script iklan disini


SUBANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si menghadiri Jabong Festival Hidroponik dan Holtikultura, bertempat di Desa Jabong, Kecamatan Pagaden, Selasa (23/08/2022). 

Jabong Festival Hidroponik dan Holtikultura pertama tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, juga merupakan salah satu bentuk program pengembangan agro pertanian, agro pariwisata dan UMKM berkelanjutan, hal yang juga menjadi lokomotif pembangunan di kabupaten Subang. 

Acara tersebur menampilkan beberapa kesenian yang diperagakan oleh anak-anak seperti Galura, sisingaan, marching band, dan pencak silat. Dalam festival ini pun terdapat pameran UMKM masyarakat, pelatihan hidroponik hingga perlombaan-perlombaan untuk anak seperti lomba mewarnai dan juga lomba fashion show.

Pada kesempatan ini pun terdapat penyerahan santunan bagi anak yatim piatu dan masyarakat kurang mampu, serta bantuan susu dan makanan bergizi untuk ibu-ibu yang memiliki balita agar terhindar dari stunting.

Camat Pagaden, Dra. Tri Utami menyampaikan laporan terhadap jumlah kasus stunting di wilayah pagaden, dan terdapat 4 angka stunting yang berada di Desa Jabong, maka untuk menghindari jumlah stunting tersebut diberikan pula bantuan kepada balita yang kurang berat badannya.

Kapolres subang menyampaikan bahwa adanya festival ini dapat mendorong perekonomian di desa terutama bagi para petani dan pegiat UMKM, harapannya akan ada festival holtikultura dan umkm dalam skala Kabupaten.


Sementara itu, Sekda Subang Kang Asep berharap dengan adanya Jabong Festival ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun para petani di Kabupaten Subang. 

Kang asep pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersedia menghibahkan hartanya untuk kemaslahatan daerah dan masyarakat lainnya, ini merupakan bentuk kontribusi nyata masyarakat dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Subang. "Semoga ini menjadi dorongan dan motivasi bagi masyarakat lainnya. Dengan diserahkannya lahan ini, saya berharap agar akses jalan masyarakat semakin mudah sehingga perekonomian desa dan pertumbuhan wilayah semakin cepat dan berkembang”.

Acara dilanjutkan dengan berkunjung ke stand-stand UMKM serta berbincang dengan pegiat budidaya magot, simbolis pembukaan jalan, serta berkunjung ke rumah masyarakat yang mendapat bantuan renovasi rumah tidak layak huni dari MU Peduli.

Dalam festival tersebut, turut hadir Kapolres Subang AKBP Sumarni dan Dandim 0605 Subang Letkol Inf. Bambang Raditya, Forkopimcam Pagaden, Ketua MUI Kabupaten Subang, perwakilan dinas pertanian, serta kepala desa Jabong. (Asep Nasa YH) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+