PENDIDIKAN

Temui Dirjen ATR/BPN, Bupati Agam Jemput Bola untuk Membangun Daerah Agam

Heri Suprayogi
23 Agustus 2022, Agustus 23, 2022 WIB Last Updated 2022-08-23T13:32:58Z
masukkan script iklan disini

AGAM - Bupati Agam Sumatera Barat, Dr H Andri Warman, MM mendatangi Direktorat Jenderal (Dirjen) Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/08/2022).

Bupati mengatakan, kehadirannya bersama Kadis PUTR, Ofrizon, dan Kabid Tata Ruang Dinas PUTR, Irva Nilma ini sebagai upaya pemerintah daerah menjemput program dan kegiatan yang ada di kementerian.

“Pemda harus proaktif ditengah keterbatasan anggaran pembangunan daerah, kita dituntut untuk jemput bola program dan kegiatan ke kementerian teknis,” ujarnya.

Tahun ini kata bupati, Kabupaten Agam memperoleh alokasi dana untuk penyusunan dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) arahan Prioritas Nasional di Geopark Ngarai Sianok-Maninjau untuk lokus Kecamatan Matur.

Menurutnya, dokumen ini dibutuhkan untuk mengantisipasi pelaksanaan perizinan investasi terpadu secara daring/ online Single Submision (OSS) yang mensyaratkan adanya RDTR yang terintegrasi dengan system OSS sebagai dasar perizinan pemanfaatan ruang. 

“Untuk itu pada pertemuan bersama Dirjen ATR/BPN ini saya selaku bupati mengucapkan terima kasih atas dukungan dana yang diberikan,” ucapnya.

Lebih lanjut, bupati berharap agar pada 2023 Kementerian ATR/BPN juga memfasilitasi penyusunan dokumen RDTR di kawasan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau untuk Kecamatan IV Koto dan Kecamatan Kamang Magek.

Menurut bupati, Geopark Ngarai Sianok-Maninjau memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Inisiatif Baru.

“Geopark ini juga dapat menjadi pendorong dalam pertumbuhan kawasan, dan memberikan efek berganda pada wilayah sekitarnya,” Tutup bupati. (Anto)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+