PENDIDIKAN

Ninik Mamak Kurai Limo Jorong Gelar Alek Nagari Bersama Walikota Bukittinggi Sumbar

Heri Suprayogi
21 November 2022, November 21, 2022 WIB Last Updated 2022-11-20T22:20:50Z
masukkan script iklan disini


Bukittinggi Sumbar - Ninik Mamak Kurai Limo Jorong Gelar Alek Nagari Bersama Walikota Bukittinggi Sumatera Barat, kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu (20/11/2022)


Alek Anak Nagari Kurai Limo Jorong berlangsung Khidmat dan meriah di Mesjid Al Akkabah Lakuang Bukittinggi dan kegiatan dihadiri langsung oleh Walikota Bukittinggi, Erman Safar, Ninik Mamak, Alim Ulama dan cadiak pandai serta Bundo Kanduang.


Alek Anak Nagari ini diawali dengan berbagai macam Atraksi dari Pemuda Pemudi sebagai Parik Paga Nagari, dan di lanjutkan dengan Pawai Ta'aruf yang dilepas langsung oleh Walikota Bukittinggi, Inyiak Dt. Laweh dan Kapolsek Kota Bukittinggi Rita. S.


Walikota Bukittinggi dalam Kata Sambutannya mengatakan, bahwa kami dari Pemerintaham Kota Bukittinggi sangat mengapresiasi kegiatan Alek Anak Nagari ini karena kegiatan ini sudah jarang kita temukan di masyarakat.ujarnya.


Kegiatan ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi anak kemenakan kita kedepannya, adapun kegiatan ini terdiri dari unsur  "Adat Basandi Sara', Sara' basandi Kitabullah.


Yang mana Khatam Quran di barengi dengan acara Alek Nagari yang dihadiri langsung oleh Ninik Mamak kita. Pungkas Erman Safar.


Ditempat yang sama Kapolsek Kota Bukittinggi Rita. S mengatakan, ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh masyarakat kita di lakuang ini.


Bayangkan acara Khatam Quran yang dibarengi dengan acara alek anak nagari yang dihadiri oleh Ninik Mamak Kurai Limo Jorong. Bagi kita acara ini sudah sangat langka sekali kita temui, ungkap Rita. S


Rita menambahkan, Saya sangat tertarik dengan Bundo Kanduang yang membawa " Jamba "di waktu Pawai Ta' ruf tadi, masing - masing Jamba tersebut rupanya ada maksud dan artian tertentu dalam adat istiadat Kurai di Bukittinggi.


Saya berharap acara semacam terus dilestarikan oleh masyarakat Kurai sampai turun temurun nantinya dan jangan sampai hilang oleh perkembangan Zaman. Ucap Rita.


Lurah Pulai Anak Air, Jufrianto. S.Sos menambahkan, Kami dari Kelurahan Pulai Anak Air yang merupakan perwakilan dari Pemerintahan Kota Bukittinggi memberikan Apresiasi Khusus pada panitia, Ninik Mamak beserta unsur - unsur yang ikut mensukseskan kegiatan ini.


Dan acara ini merupakan wujud cinta kita kepada agama dan anak - anak kita yang ikut dalam Khatam Quran ini.


Terselenggaranya alek nagari kurai Bukittinggi, dalam hal ini perlu perjuangan dan kerja keras dari seluruh lapisan masyarakat yang terjun langsung kelapangan.


Dan beserta unsur - unsur masyarakat yang lainnya, unsur Ninik mamak, bundo kanduang, parik paga nagari, ketua Pemuda dan lain - lain sebagainya.


Kami bersama berkeinginan acara ini sukses karena ini adalah suatu momentum perdana kami melaksanakannya di PTQ AL AKKABAH Lakuang Bukittinggi, Pungkas Jufrianto mengakhiri. (Syafrianto)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+