PENDIDIKAN

Wabup Hadiri Rakornas P2DD dalam Rangka Mendukung Pengelolaan Keuangan Daerah yang Lebih Akuntabel

Heri Suprayogi
07 Desember 2022, Desember 07, 2022 WIB Last Updated 2022-12-06T22:32:20Z
masukkan script iklan disini

 

SUBANG - Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi menghadiri Acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) tahun 2022 yang bertempat di Hotel Le Meridien, Jakarta. Selasa, 06 Desember 2022.


Adapun tema kegiatan tersebut yakni "Akselerasi Digitalisasi Transparansi Pemda dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan Daerah yang Lebih Akuntabel."


Rakornas tersebut, dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Gubernur Bank Indonesia dan dihadiri oleh Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia a.


Gubernur BI, Perry Warjiyo memberikan sambutannya, Akselerasi Digitalisasi Transparansi Pemda diperlukan kerjasama yang baik dalam Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Daerah yang Lebih Akuntabel akan terwujud dengan optimisme yang ditunjang oleh berbagai kolaborasi antar pihak


“Dunia memang bergejolak, sepanjang ada kerja sama dan kolaborasi antara pusat dan daerah, kita sambut 2023 dengan optimis dan tetap waspada,” kata Perry Warjiyo


Disampaikan dalam sambutannya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sangat mendukung upaya menyukseskan P2DD guna menopang digitalisasi transaksi keuangan daerah secara optimal. Dukungan tersebut diberikan melalui gerak lintas direktorat.


“Sistem informasi P2DD ini ya terkait dengan kerja kolaborasi, di antaranya penyediaan domain website, yaitu p2dd.go.id dan kelola p2dd.go.id. Pemanfaatan pusat data nasional sementara di Kemenkominfo, pemanfaatan surat elektronik pemerintah, dan aplikasi-aplikasi,” ujar Johnny.


Tidak hanya itu Johnny G Plate itu Kementerian tersebut juga akan terus mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan sistem informasi P2DD, terutama terkait dengan layanan, seperti pusat data nasional, surat elektronik pemerintah, dan update sistem yang ada.


“Dalam menyambut era digital yang sekarang dan yang akan datang, mari bersama-sama kita sukseskan program percepatan dan perluasan digitalisasi daerah demi mewujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” ungkapnya.


Disampaikan pula sambutan oleh Menko Perekonomian Republik Indonesia itu memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan P2DD di daerah masing-masing.


“Kita harap dengan dilaksanakannya P2DD ini mampu menekan inflasi dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena digitalisasi merupakan target Indonesia setelah G20 ini. Karena Indonesia akan menjadi Ketua Asean Tahun 2023, yang mana akan menjadi contoh bagi negara lain,” ujar mantan Menteri Perindustrian tersebut. (Doc/Asep Nasa YH)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+