PENDIDIKAN

Lapas Kelas IIB Lubuk Basung Tanda Tangan Kesepakatan dengan Disdukcapil Agam

Heri Suprayogi
21 Februari 2023, Februari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-02-20T21:25:59Z
masukkan script iklan disini

 

AGAM SUMBAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuk Basung Agam Sumatera Barat, lakukan kesepakatan bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Kepala Lapas Lubuk Basung, Suroto dan Kepala Disdukcapil, Helton yang dilaksanakan di Aula Lapas Lubuk Basung, Senin (20/02/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Rutan Maninjau yang juga melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Kadisdukcapil Agam.

Dalam sambutannya, Kalapas Lubuk Basung menyampaikan, bahwa penandatangan kesepakatan bersama ini merupakan bentuk tanggung jawab Lapas Lubuk Basung dalam pemenuhan hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Melalui pemutakhiran data kependudukan bagi warga binaan, diharapkan seluruh WBP tidak ada yang tidak bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 nanti. Hak WBP dalam Pemilu nanti harus terpenuhi, ini merupakan tanggung jawab kami.” Ujar Kalapas.

Kepala Disdukcapil dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa pemutakhiran data kependudukan juga tanggung jawab kita semua.M asyarakat harus melakukan update terhadap data keluarga mereka yang tercantum pada Kartu Keluarga.

Dalam kesempatan ini Kadisdukcapil juga melakukan sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk mempresentasikan Dokumen Kependudukan dan Data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Aplikasi IKD dapat langsung di download masyarakat melalui google Play Store pada smartphone berbasis android.

Seluruh data kependudukan masing-masing penduduk berupa KTP, KK, Akte Kelahiran dan lainnya sudah dapat diakses melalui aplikasi tersebut, atas dukungan dari Kakanwil Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto dan dari Kalapas Lubuk Basung Suroto. (Andika)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+