PENDIDIKAN

Antusias Warga Merayakan Ruat Bumi di Desa Margasari Dawuan

Heri Suprayogi
22 Juli 2024, Juli 22, 2024 WIB Last Updated 2024-07-22T10:41:58Z
masukkan script iklan disini

 


SUBANG - Warga Desa Margasari Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang menggelar acara tahunan, tradisi sedekah bumi/ruat bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya hasil panen. Senin (22/7/2024).


Tradisi sedekah bumi diawali dengan melaksanakan tumpengan doa bersama warga Dusun 2 dan masyarakat Desa Margasari, dilanjutkan dengan pentas seni budaya sisingaan juga kirab mobil hias yang di hiasi berbagai hasil bumi keliling kampung.


Acara kegiatan ruat bumi dibuka dengan sambutan Bapak Nanang Setiapraja Kepala Desa Margasari menyampaikan rasa bangga yang luar biasa atas keperdulian dan sumbangsih semua komponen masyarakat Desa Margasari sehingga pelaksanaan ruat bumi /sedekah bumi di Desa Margasari dapat terselenggara dengan baik dan lancar, pada akhirnya semua masyarakat desa masyarakat dapat guyub rukun, juga antusias dalam suasana yang penuh gembira.


"Ucapan terimakasih juga tidak lupa disampaikan Bapak Nanang Setiapraja Kepala Desa Margasari kepada semua lapisan masyarakat yang telah berkenan mendukung pelaksanaan kegiatan ini sehingga kegiatan ini sukses dan lancar dan pada kesempatan yang sama, juga disampaikan bahwa dirinya selaku kepala Desa Margasari, Alhamdulillah menggembirakan dengan penuh kerendahan hati. Tuturnya.


Ia juga mengatakan dengan adanya pementasan pergelaran wayang golek sekaligus sebagai simbul melestarikan kembali budaya dan memperkenalkannya kepada para muda - mudi dan tak lupa juga mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT semoga dengan adanya acara sedekah bumi ini hasil bumi di Desa Margasari semakin melimpah ruah. Ujar Nanang. 


"Acara dihadiri oleh Camat Dawuan Ganjar Taufiq.dalam sambutan nya mengucapkan terimakasih juga mengapresiasi kepada semua warga masyarakat Desa Margasari yang masih melestarikan budaya leluhur ruat bumi / sedekah bumi sudah menjadi keharusan melestarikan juga menjaga budaya leluhurnya. 


Ganjar juga menyampaikan bahwa pentingnya mengucapkan rasa syukur kapeda Tuhan yang Maha Esa atas segala nikmatnya dan karunianya, sehingga hasil pertanian Desa Margasari begituh melimpah. Ucapnya. 


Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Margasari di beri penghargaan lencana oleh pihak Dispemdes kabupaten subang. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Dawuan beserta jajaran, perwakilan Dinas Pertanian Subang, Perwakilan Dispemdes Subang, para Kades, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. Pungkasnya. (D.Jekiw)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+