PENDIDIKAN

Dosen Manajemen Pendidikan UNPAK Lakukan ABDIMAS di Sekolah Alam Bogor

Heri Suprayogi
24 Agustus 2024, Agustus 24, 2024 WIB Last Updated 2024-08-24T14:12:14Z
masukkan script iklan disini

 


BOGOR - Dosen - dosen dari Program Studi (Prodi) Magister Manajemen Pendidikan (MP) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Pakuan (UNPAK) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) di Sekolah Alam Ciomas Bogor. Kegiatan dilakukan 2 kali, yaitu 23 Maret dan 6 Juli 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkatkan kemampuan guru dalam Literasi Digital, Model Pembelajaran Digital dan Manajemen Sekolah.


Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di Aula Sekolah Alam Ciomas Bogor yang diikuti oleh guru-guru Sekolah Alam Ciomas Bogor dan Guru-guru dari mitra Sekolah Alam Ciomas Bogor. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh para mahasiswa Prodi Magister MP, SPs UNPAK. Sedangkan Narasumber kegiatan adalah dosen-dosen UNPAK, antara lain Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd., Dr. Dadadang Jaenudin, M.si,. Dr. Griet Helena Laihad, M.Pd. dan Dr. Rais Hidayat, M.Pd.


Kegiatan tersebut terbut lahir dari kajian sebelumnya bahwa Kemampuan Guru Dalam Literasi Digital, Model Pembelajaran Digital daan Manajemen Sekolah sangat penting untuk keberlanjutan dan mutu pendidikan. Atas dasar kebutuhan tersebut Prodi Manajemen Pendidikan SPs Unpak dan Sekolah Alam Ciomas Bogor melakukan kegiatan bersama untuk mengatasi masalah yang terjadi di sekolah Sekolah Alam Ciomas Bogor khususnya dan umumnya di Bogor. 


Salah satu narasumber kegiatan, Dr. Yuyun Elizabet Patras memaparkan bahwa kemampuan ber literasi digital, model pembelajaran yang inovatif dengan teknologi digital akan sangat membantu sekolah mempertahankan mutu Pendidikan sehingga sekolah bisa bertahan di Tengah persaingan. Narasumber lainnya, Dr. Dadang Jaenuddin, M.Si menyatakan bahwa mutu Pendidikan harus direncanakan atau ada planning yang jelas, apalagi siswa-siswa generasi baru yang lahir di era digital memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Adapun Dr. Rais Hidayat, M.Pd sebagai narasumber terakhir menekankan agar guru-guru memiliki kemampuan pembelajaran terdiferensiasi di era digital ini.


Para peserta yang menyimak dengan antusias memberikan respon positif pada kegiatan tersebut. Selama kegiatan berlangsung interaktif antara narasumber dengan peserta. Ibu Sarah sebagai Kepala Sekolah Sekolah Alam Ciomas Bogor memberi testimoni bahwa kegiatan ABDIMAS ini sangat bermanfaat. “Saya sebagai kepala sekolah mengucapkan terima kasih kepada Unpak. Guru-guru saya sangat terinspirasi atas program ini. kami berharap program-program seperti ini dapat terus berlanjut” tutur Ibu sarah dalam sesi testimoni kegiatan ABDIMAS. (RasYun)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+