PENDIDIKAN

Hadiri HIV/AIDS Awarness Event 2024, Sekda Subang Ungkap Pelaksanaan Tes HIV / AIDS secara Berkala Perlu Dilakukan

Heri Suprayogi
06 Agustus 2024, Agustus 06, 2024 WIB Last Updated 2024-08-06T13:13:12Z
masukkan script iklan disini

 


SUBANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si, menghadiri Kegiatan HIV/AIDS Awarness Event 2024 yang bertempat di Halaman Kantor Desa Gempol Kecamatan Pusakanagara. Selasa (6/08/2024).


Kegiatan HIV/AIDS Awarness Event 2024 yang mengangkat tema “Merdeka Berkarier dan Berkarya" berkat kolaborasi dari unsur Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Subang, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dan Penta Ocean – Toyo – Rinkai – PP – Wika – Jakon Consortium.


Laporan Ketua Pelaksana, Husni Mubarok menyampaikan kehadiran Penta Ocean tidak hanya berorientasi pada sektor ekonomi melainkan ada kepedulian pada sektor sosial, termasuk pada Kesehatan masyarakat. “Bukan hanya memberikan dampak ekonomi, tapi juga dampak edukatif tentang bahaya HIV /AIDS itu sendiri.”


Disampaikan sambutan oleh Kepala Kantor KSOP Kelas II Patimban Ir. Capt. Mochamad Abduh, MM.Tr. menjelaskan bahwa kegiatan HIV/AIDS Awarness Event 2024 bertujuan memberikan edukasi yang luas kepada masyarakat mengenai HIV/AIDS. “Menjadi langkah awal untuk memerangi HIV/AIDS ditengah masyarakat”


Ir. Capt. Mochamad Abduh, MM.Tr berharap dengan dilangsungkannya kegiatan ini secara berjenjang dan berkelanjutan diharapkan dapat memberikan dampak baik untuk masyarakat kabupaten Subang 

“Memberikan perubahan yang positif untuk masyarakat Subang”


Kepala Desa Gempol Edy Wirana menyampaikan HIV/AIDS Awarness Event 2024 berupaya mengikis stigma masyarakat akan bahaya HIV/AIDS yang banyak menimbulkan keresahan. “Memberikan edukasi manfaat dan ibu bapak semua dapat memahami HIV/AIDS tidak menular karena sentuhan saja.”


Project Manajer Penta Ocean Tokyo, Daisuke Maruno mengungkapkan pihaknya menyambut baik kehadiran acara Awarness Event 2024 yang mengangkat tema. ‘Merdeka Berkarier dan Berkarya’ dengan tujuan memberikan, “Kami sangat senang berkontribusi pada kegiatan ini, dan kita juga harus mengetahui cara memproteksi diri kita dari HIV/AIDS”


Sekretaris Daerah Kab. Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si sekaligus Ketua harian penanggulangan AIDS Kabupaten Subang Mengapresiasi Kepada Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Subang Yang Telah Menyelenggarakan Kegiatan Hiv/Aids Awareness Event 2024 Pada Hari Ini.

“Ucapan Terima Kasih Kepada PTRPWJ (Penta Ocean – Toyo – Rinkai – PP – Wika – Jakon Consortium) Yang Ikut Serta Secara Aktif Melakukan Kegiatan Informasi, Edukasi Dan Komunikasi Terkait Penyebaran Hiv/Aids Ini”


H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si memaparkan transportasi merupakan salah satu sektor yang sangat rawan terhadap penularan HIV dan AIDS, perlu dilakukan upaya pencegahan secara terus menerus

“pemerintah telah mengeluarkan kebijakan melalui instruksi menteri perhubungan nomor im 3 tahun 2017 tentang pencegahan penularan human immunodeficiency virus (HIV), infeksi menular seksual (IMS) dan penanggulangan acquired immune deficiency syndrome (AIDS) di lingkungan kementerian perhubungan.”


Ia menegaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Bersama Dengan Seluruh Lintas Sektor Telah Berupaya Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Hiv / Aids Sesuai Dengan Tupoksinya Masing-Masing. “Pemerintah Daerah Sangat Mengapresiasi Dan Mendukung Program Patimban Port Development Project Package 6 Untuk Kegiatan Pencegahan Dan Penanggulangan Hiv Dan Aids Di Tempat Kerja Serta Masyarakat Yang Terdampak Di Wilayah Pembangunan Pelabuhan Kelas II Patimban.”


Ia mengungkapkan upaya pencegahan dan penanggulangan penularan HIV dan AIDS harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. “Pelaksanaan tes HIV / AIDS secara berkala perlu dilakukan, agar dapat diketahui secara dini status dari masing-masing orang. Pola perilaku hidup sehat perlu dilakukan agar angka penularan hiv dan aids dapat ditekan.”


Dilanjutkan dengan Pemberian bantuan nutrisi tambahan kepada balita Desa Gempol oleh pak sekda kepada perwakilan masyarakat yang didampingi oleh Kepala Kantor KSOP Kelas II Patimban, Project Manajer Penta Ocean Tokyo dan Kepala Dinkes Subang.


Diakhiri dengan paparan materi dari para Para Narasumber diantaranya Komnas Disabilitas, HRD Patimban Project dan Dokter Spesialis Paru PMC.


Turut mendampingi jajaran Kantor KSOP Kelas II Patimban, Jajaran Project Manajer Penta Ocean Tokyo, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Subang, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Subang, Camat Pusakanagara, Dan Unsur Forkopimcam Pusakanagara dan tamu undangan lainnya. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+