PENDIDIKAN

Pembelajaran dan Literasi Mengenai ASEAN sebagai Organisasi Internasional Asia Tenggara di SDN 02 Rejosari

Heri Suprayogi
28 Agustus 2024, Agustus 28, 2024 WIB Last Updated 2024-08-28T11:37:43Z
masukkan script iklan disini


WONOGIRI - Mahasiswa KKN Kelompok 38 dari Universitas Slamet Riyadi yang dibimbing oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Ibu Dra. Sri Riris Sugiyarti, M.SI telah melaksanakan serangkaian Program Kerja bertajuk “Mengenal ASEAN” di salah satu Sekolah Dasar di Desa Rejosari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini diikuti oleh 27 siswa kelas 6 SDN 02 Rejosari dan mendapat respon yang baik dari para Guru dan warga setempat. Pada Rabu, (7/07/2024).


Adapun tujuan dari Program Edukasi yang telah dilaksanakan, yakni meningkatkan literasi anak-anak SDN 02 Rejosari terhadap pentingnya memahami seluk beluk ASEAN, selain itu Program kerja dengan format Edukasi dan Pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi Anak SD kelas 6 terkhusus pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 


Pembelajaran dipimpin oleh salah satu Mahasiswa KKN, Yoel Budi Nathanael yang mana menjadi inisiator dari program kerja ini. Dimulai dengan perkenalan ASEAN sebagai Organisasi Internasional yang penting bagi negara-negara di Asia Tenggara. Metode pembelajaran dilakukan dengan cara yang interaktif dengan menggunakan media yang mampu menarik perhatian anak-anak, 

Selain itu, Yoel juga memberikan games berupa quiz seputar ASEAN guna menguji tingkat pemahaman Anak-anak SD mengenai materi tersebut, dalam quiz tersebut, siswa diajak untuk menebak bendera, ibukota negara beserta aspek-aspek dasar dari ASEAN dan banyak kemudian siswa kelas 6 yang antusias dalam mengikuti Pembelajaran dan Edukasi yang dibimbing oleh Yoel.


Program ini tidak hanya memperkaya pengetahuan anak-anak tentang ASEAN, tetapi juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang dipelajari di perkuliahan dalam konteks nyata. Harapannya, kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan untuk mendukung pendidikan di daerah-daerah yang membutuhkan, serta menginspirasi kontribusi yang lebih luas di masyarakat.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+