PENDIDIKAN

Pemkot Dukung Festival Pencak Silat yang Bakal Digelar IPSI dan Kebun Raya

Heri Suprayogi
08 Agustus 2024, Agustus 08, 2024 WIB Last Updated 2024-08-08T02:42:45Z
masukkan script iklan disini

 


KOTA BOGOR - Menyambut semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor dan Kebun Raya Bogor bakal menggelar festival Gebyar Seni Budaya dan Olahraga Pencak Silat pada akhir Agustus ini. 


Hal itu dikatakan Ketua IPSI Kota Bogor, Subono Widyoko saat audiensi dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari di Rumah Dinas Wali Kota Bogor, Rabu (7/8/2024).


Subono mengatakan, festival silat ini berskala provinsi dengan pendaftaran ratusan peserta, yang senantiasa menumbuh kembangkan warisan budaya asli Indonesia. 


"Gebyar Seni Budaya & Olahraga Pencak Silat Kebun Raya Bogor diadakan senantiasa untuk menumbuh-kembangkan minat generasi muda terhadap Pencak Silat yang merupakan warisan luhur budaya asli bangsa Indonesia," ucap Subono.


Subono menambahkan, panitia membuka pendaftaran sekitar 400 peserta dari kategori SD sampai SMA sederajat. Disamping itu, kategori kejuaraan pencak silat ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk merasakan pengalaman bertanding dan berkesempatan untuk melanjutkan ke jenjang bertanding yang lebih tinggi.


Tak hanya itu, ada juga kategori Pencak Silat Seni Tradisi. Kategori ini adalah peserta dalam regu atau kelompok yang menampilkan seni bela diri pencak silat serta utuh dalam bentuk tampilan.


"Ada juga kategori Lomba Seni Nayaga. Yakni sekelompok penabuh gendang pencak dengan anggota yang mempunyai tugas masing-masing dalam pelaksanaannya. Terakhir ada kategori lomba foto pencak silat," ucapnya.


Ditempat yang sama, Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengatakan bahwa pada prinsipnya, Pemerintah Kota (Pemkot) akan selalu mendukung setiap kegiatan yang akan meningkatkan prestasi dan kinerja. Apalagi yang membangkitkan ekonomi.


"Kami mengapresiasi dan terima kasih. Dalam event apapun biasa saya titipkan satu, yaitu publikasi dimaksimalkan, perlu mendapatkan porsi yang lebih. Dalan rangka mempublikasikan tidak hanya di Kota Bogor namun juga diluar. Karena pencak silat sendiri sudah mendunia," kata Hery.


Hery juga berterima kasih kepada Kebun Raya Bogor yang telah memfasilitasi rencana kegiatan tersebut. Tujuan event ini bersamaan dengan harapan dari Kebun Raya yang ingin mengajak masyarakat untuk turut andil dalam memelihara seni dan kebudayaan. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+