PENDIDIKAN

Pj Wali Kota Bogor Hadiri Rakor Sinergitas Pilkada Serentak di Yogyakarta

Heri Suprayogi
22 Agustus 2024, Agustus 22, 2024 WIB Last Updated 2024-08-22T11:59:22Z
masukkan script iklan disini

 


KOTA BOGOR - Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024 di Yogyakarta, Rabu (21/8/2024). 


Rakor ini merupakan sinergitas pemerintah dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di wilayah Jawa.


Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, penyelenggara pemilu dan peserta pemilu untuk kelancaran jalannya Pilkada serentak 2024.


Tidak luput, Menko menegaskan, untuk dapat mewujudkan Pilkada yang aman dan damai tentunya yang harus dijamin dan dijaga adalah stabilitas politik, stabilitas hukum dan keamanan.


“Ini sangat penting dan mutlak. Untuk itu mari kita jaga bersama-sama. Karena situasi dan kondisi Polhukam akan sangat mempengaruhi tahapan pilkada 2024," katanya.


"Mari bersama-sama menjaga stabilitas di bidang Polhukam, koordinasi antar kementerian/lembaga, optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada Serentak, mengedepankan persatuan dan kesatuan," sambung Menko.


Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan bahwa kegiatan ini sudah lima kali digelar, setelah sebelumnya dilaksanakan di empat daerah.


"Rakor ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan juga kemungkinan adanya potensi permasalahan yang dapat menghambat penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Jawa," katanya.


Sehingga lanjut Heri, semua dapat melakukan antisipasi permasalahan secara dini sekaligus dapat memastikan serta menjamin tahapan pilkada serentak berjalan dengan aman damai dan lancar sesuai dengan tahapan dan perundang undangan yang berlaku.


Sementara itu, untuk di Kota Bogor pada Selasa (20/8/2024) juga telah dilaksanakan apel sinergitas dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bogor Kota bersama TNI-Polri, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan instansi terkait di Lapangan Utama Stadion Pajajaran.


Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari menegaskan dengan jelas bawa Pemkot Bogor mendukung penuh pihak kepolisian TNI dalam rangka pengamanan kondusivitas dan kelancaran Pilkada.


"Dari awal Pemkot komitmen untuk itu. Karenanya terima kasih atas kesediaannya pak Kapolres dan pak Dandim dan kita semua unsur stakeholder siap untuk mensupport dan mengamankan," ujarnya.


Nantinya, lanjut Hery, perangkat daerah seperti Dinas teknis Satpol PP Kota Bogor, Dishub akan menjalani tugas teknis, taktis dan strategis


"Akan saya ikut sertakan apapun yang akan diberikan oleh pihak Kepolisian dan juga TNK dalam rangka pengamanan dan juga kondusivitas,” ujarnya. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+