PENDIDIKAN

Para Kiyai Ramai ramai Dukung Untuk Memenangkan Dilla Hich - Muslimin Tanja

Heri Suprayogi
07 September 2024, September 07, 2024 WIB Last Updated 2024-09-07T13:00:55Z
masukkan script iklan disini


TANJABTIM - Para Kiyai yang merupakan pengasuh pondok - pondok pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sudah menentukan sikap dalam menghadapi pemilukada bupati Nopember 2024. Para Kiyai yang merupakan panutan itu siap memenangkan pasangan Hj Dillah Hikmah Sari - Muslimin Tanja. 


Pernyataan para Kiyai tersebut disampaikan langsung kepada Dilla Hich pada Jumat malam (6/09/2024) di kediaman mantan ketua Banser Provinsi Jambi, Amin Alfajar di Talang Babat Muara Sabak Barat. 


Kiyai Hizbullah Maksum pimpinan Ponpes Barrakatul Islah Rantau Karya Geragai yang juga Ketua Forum Komunikasi Pimpinan Pondok Pesantren (FKPP) menyebut bahwa keputusan mendukung Dilla - MT berangkat dari ijtihad panjang para Kiyai mencermati pergerakan para kandidat calon bupati dan wakil bupati Tanjabtim selama ini. 


Para Kiyai menyimpulkan bahwa komitment Dilla - MT terhadap ummat dinilai sangat kuat dan kongkret. Terlebih komitment itu turut dituangkan dalam jabaran visi dan misi keduanya. 


Namun point penting yang turut melandasi keputusan akhir para Kiyai itu adalah track record H. Abdullah Hich yang merupakan ayah Dilla Hich. Selama 10 tahun memimpin Tanjabtim pada 2001-2011 Abdullah Hich dikenal sangat perhatian pada pembinaan umat melalui kebijakan pro pondok pesantren dan kelompok - kelompok penggiat keagamaan. 


“Menurut Kiyai Bulloh dan diaminkan para Kiyai, Pak Hich dulu sangat pro pada pembinaan umat, Pak Hich mendukung betul program - program kepesantrenan dan selalu melibatkan para Kiyai dalam merencanakan kebijakan strategis soal pengembangan keagamaan,” kata Amin yang ditemui di Muara Sabak. 


Amin dan juga para Kiyai sepakat bahwa Dilla - MT dipercaya mampu meneruskan bahkan lebih meningkatkan apa yang dahulu dilakukan Abdullah Hich dan Romi Hariyanto sebagai bupati 2016-2025. 


Sebagaimana diketahui, Abdullah Hich berperan besar dalam pengembangan sektor keagamaan selama ia memimpin. Hich pula yang menginisiasi hadirnya Ponpes modern Gontor 10 di Tanjabtim. Gontor 10 adalah pondok yang berlokasi di Kelurahan Parit Culum I Muara Sabak Barat yang kini menampung ribuan santri dari berbagai penjuru tanah air. 


Sementara terkait Pilgub Jambi, Amin menegaskan dukungan para Kiyai kepada Romi Hariyanto - Sudirman. Romi dianggap memiliki perhatian tak kalah dari Abdullah Hich soal keagamaan. Bahkan Romi diketahui sangat dekat dengan para kiyai dan Imam masjid. Saban tahun ia memberangkatkan umroh cukup banyak kalangan penggiat keagamaan.


Dilla Hich - MT sendiri dalam visi misinya menuangkan komitment berbagai program terkait pengembangan Ponpes hingga visi kemandirian ponpes. Perhatian kandidat yang diusung Golkar, Gerindra, Nasdem, PDIP, PKS, PSI, PPP, PKN dan Gelora juga mencakup kelompok pengajian, rumah ibadah, guru mengaji, petugas syara’ hingga bantuan madrasah. (Koen/Tim)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+