PENDIDIKAN

Menpora Dorong Pemuda Berperan Aktif untuk Indonesia

Heri Suprayogi
28 Oktober 2024, Oktober 28, 2024 WIB Last Updated 2024-10-28T05:54:51Z
masukkan script iklan disini

 


KOTA BOGOR - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96 yang jatuh pada 28 Oktober, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar upacara di Plaza Balai Kota Bogor, Senin (28/10/2024) pagi.


Upacara Hari Sumpah Pemuda 2024 mengusung tema 'Maju Bersama Indonesia Raya' dengan tujuan memperkuat kolaborasi di berbagai elemen masyarakat dan pemerintahan untuk mendukung kemajuan pemuda.


Hal ini selaras dengan kehadiran berbagai pemangku kepentingan pemerintahan di Kota Bogor, seluruh unsur kepemudaan, dan para pelajar di Kota Bogor.


Selaku inspektur upacara, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Ario Bimo Nandito Ariotedjo.


Dalam pidatonya, Menpora mengajak seluruh elemen bangsa, terutama generasi muda, untuk memperingati momentum Sumpah Pemuda sebagai tonggak persatuan dalam keberagaman Indonesia.


"Nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi Sumpah Pemuda pada tahun 1928 ini harus selalu didengungkan untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia," ucap Hery saat membacakan sambutan Menpora.


Dalam mencapai visi ini, pemuda diharapkan menjadi penggerak pembangunan melalui partisipasi aktif dalam berbagai sektor, termasuk pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) dan peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).


Tahun ini, IPP Indonesia mencapai 56,33%, mencakup bidang pendidikan, kesehatan, kesempatan kerja, serta partisipasi dan kepemimpinan.


"Capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran di seluruh wilayah Indonesia," tegasnya.


Dalam hal ini, pemerintah daerah juga diharapkan aktif dalam kebijakan dan program kepemudaan melalui Rencana Aksi Daerah (RAD), sehingga tidak ada pemuda yang terabaikan dalam pengembangan diri.


"Melalui kesempatan ini, marilah kita bersama-sama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi masing-masing," tutur Hery.


Di samping itu, Menpora juga menyoroti peran penting pemuda dalam mewujudkan 'Indonesia Emas 2045' di tengah masa transisi pemerintahan baru.


Pada kesempatan ini, Pemkot Bogor turut memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi kepemudaan yang telah berkontribusi aktif dalam pelayanan kepemudaan di Kota Bogor.


Dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya, diharapkan pemuda Kota Bogor semakin terpacu untuk berperan aktif dalam setiap aspek pembangunan demi terciptanya Indonesia yang maju, besar, dan sejahtera. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+