PENDIDIKAN

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemdes Wanasari Gelar Ruwatan Bumi dan Kirab Budaya

Heri Suprayogi
26 Oktober 2024, Oktober 26, 2024 WIB Last Updated 2024-10-25T22:55:47Z
masukkan script iklan disini


SUBANG - Pemerintahan Desa Wanasari gelar Kirab budaya ruat bumi, ruat bumi ini merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan sebuah rezeki lewat hasil bumi, yaitu kemakmuran serta hasil panen penduduk sekitar melimpah ruah dan selalu di beri kesehatan di jauhkan dari marabahaya juga sebagai pemersatu warga agar tetap guyub dan rukun. Ucap warga sekitar Kamis (24/10/2024).


Terpantau masyarakat sekitar berkumpul menjadi satu di depan balai Desa, turut hadir mantan kepala Desa Wanasari, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang.


Di awali dengan kirab budaya dengan mengarak puluhan tumpeng juga berbagai hasil bumi keliling kampung, acara ini dihadiri oleh Camat Aris Ristian, ST., M.Si, Muspika Kecamatan Cipunagara, Kepala Desa Wanasari Dede Krisna, Mantan Kepala Desa Wanasari Cucu, Bapak Taswan, para perangkat desa serta para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat Desa Wanasari. 


Selain kirab budaya ruwatan bumi juga sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhmmad SAW. 


Sambutan ketua panitia ruwatan bumi Desa Wanasari Iksan mengucapkan terimakasih atas kekompakan para warga dan kepada masyarakat Wanasari yang telah ikut andil, baik tenaga juga materi sehingga acara ini terselenggara dengan baik dan sukses.


Saya tidak bisa membalas apa - apa hanya Allah SWT senantiasa mencatat sebagai amal baik. Ucap Iksan


Acara ruwatan bumi selalu diselenggarakan oleh masyarakat Wanasari khusus juga oleh Pemerintah Desa Wanasari sudah turun temurun untuk tahun 2024.diselanggarakan sekaligus momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 


Dikesempatan yang sama Dede Krisna sebagai kepala Desa wanasari menyampaikan, acara ini diselenggarakan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmat yang diberikan kepada warga Desa Wanasari baik berupa kesehatan atau hasil pertanian yang melimpah maka untuk itu kita wajib mensyukuri nikmat dari Allah SWT. Ujarnya. 


Lanjut Dede Krisna, Berharap acara ruwatan bumi Desa Wanasari tidak hanya sekali saja melainkan secara terus menerus diadakan secara prioritas dan selalu dijadikan kegiatan agenda tahunan, marilah dengan acara ruat bumi kita jadikan tolak ukur untuk bersatu dan juga untuk memupuk semangat gotong royong membangun Desa dan memajukan Desa Wanasari yang kita cintai.


Alhamdulillah acara kegiatan ruat bumi dilaksanakan siang hari dan pada malam harinya Allah SWT telah menurunkan air hujan sehingga suasana di wilayah Desa Wanasari menjadi sejuk, pertanda seluruh warga Desa Wanasari akan ada keberkahan dan juga kemakmuran. 


Marilah kita lestarikan budaya ruat bumi di Desa Wanasari yang merupakan peninggalan nenek moyang kita agar terus juga kita lestarikan. Tutup Dede Krisna Kepala Desa Wanasari. (D.Jekiw)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+